• Follow Us On : 
Penghubung 4 Kecamatan, Dinas PUPR Karo Akan Perbaiki Railing Jembatan Tiga Pancur  Kondisi saat ini jembatan Tiga Pancur yang kadang becek dan licin, tentu menjadi rawan kala dilewati, sehingga warga berinisiatif memasang tanda pengaman dari potongan dahan kayu, Senin (25/11/2019). Foto: KS

Penghubung 4 Kecamatan, Dinas PUPR Karo Akan Perbaiki Railing Jembatan Tiga Pancur 

Senin, 25 November 2019 - 20:01:47 WIB
Dibaca: 1720 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Railing atau besi sandaran pengaman jembatan Tiga Pancur yang berada diperbatasan antara Desa Tiga Pancur dengan desa Berastepu, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, akan segera diperbaiki.

Demikian disampaikan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karo Paksa Tarigan, melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Mitcon Purba kepada wartawan, Senin (25/11/2019) di Kabanjahe. 

Dijelaskan Mitcon, perbaikan dan pengecatan railing jembatan Tiga Pancur, menggunakan anggaran pemeliharaan rutin jalan yang sudah ditampung di P-APBD Kabupaten Karo tahun 2019.

"Minggu ini sudah mulai dikerjakan, tinggal menunggu tukangnya saja. Besi dan material lainnya juga sudah stand by. Target kita, dalam waktu dua minggu pekerjaan sudah selesai," jelas Mitcon didampingi Binar Tarigan selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) bidang Bina Marga Dinas PUPR Karo.

Untuk mengatasi lantai jembatan yang selalu basah, Mitcon menyebutkan, akan mengupayakan pembersihan lubang pembuangan air jembatan, dan pengikisan sedimen yang ada di atas lantai jembatan.

Selain itu, katanya, pihaknya juga akan melakukan penanganan longsor yang terjadi di dekat simpang Sebintun, tidak jauh dari lokasi jembatan.

Selain untuk mengantisipasi agar jalan tersebut tidak terjadi amblas, material longsor dari lokasi itu juga disebut menjadi penyebab seringnya lantai jembatan digenangi lumpur, akibat tanah longsoran terbawa arus air di waktu hujan ke arah jembatan. 

"Anggarannya sudah ditampung di P-APBD Karo 2019, minggu ini juga sudah mulai dikerjakan," sebut Mitcon. 

Untuk diketahui, nembatan Tiga Pancur yang berada di jalur evakuasi gunung api Sinabung menghubungkan empat (4) kecamatan yaitu Kecamatan Simpang Empat, Payung, Tiganderket dan Kutabuluh, kondisinya selama ini sungguh memprihatinkan. 

Lantai jembatan sudah tidak terlihat akibat tertutup material tanah dan selalu basah digenangi air.

Railing atau besi sandaran pengaman kiri kanan jembatan pun sudah banyak yang rusak. Bahkan, sebagian sudah tidak ada. Kondisi ini membuat jembatan rawan dilalui. (KS).

 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER